Bahaya Merkuri

MERKURI DAN DAMPAKNYA BAGI KESEHATAN

Merkuri atau air raksa (Hg) merupakan golongan logam berat dengan nomor atom 80 dan berat atom 200,6. Merkuri merupakan unsur yang sangat jarang dalam kerak bumi, dan relatif terkonsentrasi pada beberapa daerah vulkanik dan endapan-endapan mineral biji dari logam-logam berat. Merkuri digunakan pada berbagai aplikasi seperti amalgam gigi, sebagai fungisida, dan beberapa penggunaan industri termasuk untuk proses penambangan emas. Dari kegiatan penambangan tersebut menyebabkan tingginya konsentrasi merkuri dalam air tanah dan air permukaan pada daerah pertambangan. Elemen air raksa relatif tidak berbahaya kecuali kalau menguap dan terhirup secara langsung pada paru-paru.

Bentuk racun dari air raksa pada proses masuk pada tubuh manusia adalah methyl mercury (CH3Hg+ dan CH3-Hg-CH3) dan garam organik, partikel mercuric khlor (HgCl2). Methyl mercury dapat dibentuk oleh bakteri pada endapan dan air yang bersifat asam. Ion merkuri anorganik adalah bersifat racun akut. Elemen merkuri mempunyai waktu tinggal yang relatif pendek pada tubuh manusia tetapi persenyawaan methyl mercury tinggal pada tubuh manusia 10 kali lebih lama merkuri berbentuk metal (logam) dan menyebabkan tidak berfungsinya otak, gelisah/gugup, ginjal, dan kerusakan liver pada kelahiran (cacat lahir).

Methyl mercury terakumulasi pada rantai makanan, sebagai contoh adalah merkuri bisa masuk ke dalam tubuh manusia dengan mengkonsumsi ikan yang hidup pada perairan yang tercemar merkuri. Senyawa phenyl mercury (C6H5Hg+ dan C6H5-Hg-C6H5) bersifat racun moderat dengan waktu tinggal yang pendek pada tubuh tetapi senyawa ini berubah bentuk secara cepat pada lingkungan menjadi bentuk merkuri anorganik. Dari survei efek bahaya, merkuri ini adalah bersifat racun bagi semua bentuk kehidupan, dan bersifat lambat untuk dikeluarkan dari tubuh manusia. Methyl mercury beracun 50 kali lebih kuat daripada merkuri anorganik.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan, kadar merkuri maksimum di dalam air adalah 0,001 mg/l.
Bahaya Merkuri pada Kosmetik

Pemakaian kosmetik yang mengandung Merkuri dapat mengakibatkan :
1. Dapat memperlambat pertumbuhan janin mengakibatkan keguguran (Kematian janin dan Mandul)
2. Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan bila pemakaian dihentikan, flek itu dapat/akan timbul lagi dan bertambah parah (melebar).
3. Efek REBOUND yaitu memberikan respon berlawanan (KULIT AKAN MENJADI GELAP/KUSAM SAAT PEMAKAIAN KOSMETIK DIHENTIKAN).
4. Bagi Wajah yang tadinya bersih lambat laun akan timbul flek yang sangat parah (lebar) dan lama-kelamaan berubah keabu-abuan selanjutnya kehitaman.
5. Dapat mengakibatkan kanker kulit.
6. Pada pemakaian awal dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan kemerahan bila terkena sinar matahari.
7. Tidak timbul jerawat sama sekali, hal ini disebabkan lapisan kulit epidermis kita telah rusak, kulit sudah tidak mengandung protein & melanin yang berfungsi untuk melindungi radiasi paparan matahari juga sudah tidak berfungsi, sehingga jasad renik ataupun kuman tidak akan menyukai kulit yang telah tercemar merkuri termasuk nyamuk sekalipun. Tapi hal ini juga hanya bersifat sementara, jika kondisi kulit telah rusak bisa timbul benjolan2 bernanah.
8. Pori-pori tampak mengecil & halus, ini sebenarnya disebabkan lapisan kulit terluar wajah kita telah tipis & tergerus oleh logam merkuri, tampak sepintas terlihat mengecil & halus. Untuk mengujinya Anda bisa merasakan dengan mencobanya pada sinar matahari, kulit terasa terbakar, gatal disertai kemerahan, hal ini dikarenakan kulit wajah sudah tidak mendapat perlindungan dari melanin yang berfungsi melindungi wajah kita dari radiasi matahari. Pada produk yang benar, pemakaian siang hari selalu menggunakan pelindung SPF sehingga pada siang hari Anda tidak akan merasakan rasa iritasi seperti terakar disertai rasa gatal.
Unsur merkuri yang ada di kosmetik akan diserap melalui kulit, kemudian akan dialirkan melalui darah keseluruh tubuh dan merkuri itu akan mengendap di dalam ginjal yang berakibat terjadinya GAGAL GINJAL YANG SANGAT PARAH. (BISA MENYEBABKAN KEMATIAN) Merkuri dalam krim pemutih (yang mungkin tidak tercantum pada labelnya) dapat menimbulkan keracunan bila digunakan untuk waktu lama.

Walau tidak seburuk efek merkuri yang tertelan (dari makanan ikan yang tercemar), tetap menimbulkan efek buruk pada tubuh. Kendati cuma dioleskan ke permukaan kulit, merkuri mudah diserap masuk ke dalam darah, lalu ,memasuki system saraf tubuh. Manifestasi gejala keracunan merkuri akibat pemakaian krim kulit muncul sebagai gangguan system saraf, seperti tremor (gemetar), insomnia (tidak bisa tidur), pikun, gangguan penglihatan, ataxia (gerakan tangan tak normal), gangguan emosi, depresi dll.

Oleh karena umumnya tak terduga kalau itu penyakitnya, kasus keracunan merkuri sering didiagnosis sebagai kasus Alzheimer, Parkinson, atau penyakit gangguan otak. Setelah sekian lama, kosmetik tsb akan diserap melalui kulit dan dialirkan melalui darah ke seluruh tubuh, akhirnya merkuri itu akan mengendap di dalam ginjal, sehingga menyebabkan gagal ginjal yang sangat parah bagi pemakainya.

Produk kosmetik yang dipakai tersebut akan menyebabkan iritasi parah pada kulit, yakni berupa kulit yang kemerah-merahan dan menyebabkan kulit menjadi mengkilap secara tidak normal. Kondisi tersebut telah banyak dikeluhkan oleh para konsumen yang sudah terlanjur menggunakan produk-produk kosmetik illegal tersebut. 100%
Cara Mendeteksi Kosmetik Bermerkuri

Produk kosmetik bermerkuri umumnya menjanjikan wajah putih dalam tempo singkat. Seminggu saja menggunakan produk ini, wajah dijamin langsung cling.

"Kalau ada produk yang bisa membuat wajah menjadi putih dalam seminggu, konsumen harus waspada karena kemungkinan produk itu mengandung merkuri. Kosmetik yang aman bisa memutihkan kulit, namun membutuhkan waktu yang lama bahkan bisa berbulan-bulan ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Rosnini Savitri,

Dia menambahkan, konsumen seharusnya tidak tergiur hanya dengan iming-iming menjadi putih dalam waktu singkat saja. Kandungan merkuri bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, susunan saraf, otak, ginjal, serta gangguan perkembangan janin. Jangan lupa, merkuri juga dapat menyebabkan kanker.

Di bawah ini adalah beberapa hal mengenai krim merkuri menurut catatan BPOM dan Para Ahli (dokter spesialis kulit & kelamin) :

1. Artikel Resmi BPOM tentang Merkuri :

    - Kontak pada kulit akibat penggunaan krem yang mengandung garam merkuri
      dapat menimbulkan pigmentasi, rasa terbakar & dapat menyebabkan toksisitas sistemik.
      http://www.pom.go.id/public/siker/desc/produk/MerKesMan.pdf.

2. Kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib :
    - Merkuri termasuk logam berat berbahaya yang dalam konsentrasi kecil pun dapat
      bersifat racun.
    - Pemakaian Merkuri dapat menimbulkan akibat seperti perubahan warna kulit yang bisa
      menjadi bintik-bintik hitam pada kulit, alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan
      syaraf, otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin.
    - pemakaian merkuri dalam jangka pendek dengan dosis tinggi dapat mengakibatkan
      muntah-muntah, diare, kerusakan ginjal dan yang paling berbahaya karena merupakan
      zat karsinogenik dapat menyebabkan kanker.
      http://nasional.kompas.com/read/2008/11/26/14312010/kosmetik.berbahaya.bisa.
      akibatkan.kerusakan.otak.

  3. Dr. Dewi Inong lrana,SpKK :
     - Penggunaan merkuri pada kulit bisa membuat pelebaran pada pembuluh darah.
     - Timbulnya flek pada kulit atau namanya ookronosis (kulit menjadi hitam dan kebiruan).
     - Bisa membuat sel kulit rusak.
     - Jika digunakan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kanker kulit yang menjurus
       pada kematian.  
     - Terasa panas dan membuat kulit putih dengan cepat.
     - Putihnya tidak sehat alias putih seperti memakai topeng.
     - Saat ini, ada beberapa krim yang sudah mendapat resep dari dokter.
       "Itu jelas.bohong. Kalau krim dari dokter ya harus diperiksa dulu, dicocokkan dengan
       kulit si pemakai".
       http://bataviase.co.id/node/411482.

4. Dr. Retno I. Tranggono, SpKK :
    - Bekerja untuk memutihkan wajah secara cepat, untuk menghilangkan jerawat,
      untuk menghilangkan noda hitam di wajah, namun akan menyebabkan ketergantungan
      jika kita tidak lagi memakainya.
    - Dari kebanyakan pasien yang datang, wajah mereka jadi menghitam dan timbul jerawat parah.
      Padahal awalnya wajah mereka tidak berjerawat.
    - Efeknya bukan hanya merusak kulit, tetapi juga mengakibatkan kanker kulit dan kanker sistemik.
      Contohnya kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru-paru, dan kanker lainnya yang
      menyerang organ vital tubuh.
    - Setelah tidak lagi menggunakan pemutih merkuri kulit muka menjadi belang, bengkak,
      dan mengelupas.
    - Terasa gatal atau memerah.
      http://entertainment.kompas.com/read/2010/01/21/14422745/Perhatikan.Komposisi.Krim.
      Pemutih.Anda

5. Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Rosnini Savitri :
    - Produk kosmetik bermerkuri umumnya menjanjikan wajah putih dalam tempo singkat.
      Seminggu saja menggunakan produk ini, wajah dijamin langsung cling.
    - Kandungan merkuri bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, susunan saraf, otak, ginjal,
      serta gangguan perkembangan janin, merkuri juga dapat menyebabkan kanker.
      http://nasional.kompas.com/read/2008/11/28/17121985/Aha.Inilah.Cara.Mendeteksi.Kosmetik.
      Bermerkuri.

6. Dr. Titi Moertolo, SpKK :
    - Selain gatal-gatal sejumlah reaksi muncul atas penggunaan produk-produk kosmetik bermerkuri.
      Pengguna merasa nyaman dengan hasil memuaskan tanpa keluhan gejala awal. Namun bila
      pada pertengahan mereka menghentikan pemakaian, kulit akan kembali gelap.
    - Saat berhenti merasa gatal-gatal juga, perih. Ini akan ingin kembali.
    - Merkuri mudah diserap kulit, masuk ke aliran darah, juga kena sistem saraf. Orang mulai
      pusing-pusing, marah-marah, susah tidur, gemetaran.
    - Tidak mungkin ada satu bahan yang bikin mendadak putih kalau dia tidak bahaya.
      http://kesehatan.liputan6.com/read/169025/pakar-waspada-tawaran-kulit-putih-instan.

7. Dr. Teguh Tanuwidjaja, SpKK (Ketua Umum Perhimpunan Dokter Estetika Indonesia
    (PERDESTI)) :
    - Tidak hanya memberikan efek yang berbahaya secara tropical, Merkuri juga secara
      sistemik menganggu organ tubuh yang lain seperti fungsi ginjal dan dapat mengakibatkan
      cacat permanen.
    - Reaksi yang tidak diinginkan ini bisa timbul sekitar 2 tahun hingga 10 tahun.
    - Salah satu ciri kosmetik berbahaya menurutnya, ketika tutup dibuka permukaan krimnya
      tersebut terlihat mengkilap.
      http://surabaya.detik.com/read/2011/07/31/153431/1693247/595/dokter-kecantikan-
      serukan-bahaya-kosmetik-berbahan-mercury.

8. Dr.Silviani Sri Rahayu,Sp.KK :
    - Ciri-ciri kosmetik produk pemutih yang berbahan merkuri umumnya tampak pearly
      (putih mengkilap).
    - Manifestasi gejala keracunan merkuri akibat pemakaian krim kulit muncul sebagai gangguan
      sistem saraf, seperti tremor, insomnia, kepikunan, gangguan penglihatan, gerakan tangan
      abnormal (ataxia), gangguan emosi, gagal ginjal, batu ginjal.
      http://cantik-sehat.com/news/2007/02/15/awas-bahaya-pemutih-pada-kosmetik/

9. Dr. I. Gusti Agung K. Rata, SpKK ( Ketua Konsorsium Tata Kecantikan kulit P dan K) :
    - Ditambahkannya merkuri, maka enzim tiroksinase dalam proses pembentukan
      pigmen kulit menjadi terhalang pekerjaannya.
    - Merkuri membuat pembentukan pigmen terhambat sehingga kulit menjadi putih.
    - Merkuri akan    meresap ke dalam kulit dan bersama darah berlayar menuju organ
      vital, seperti ginjal, hati, jantung, sumsum tulang belakang, dan otak.
    - Krim bermerkuri sering menimbulkan reaksi alergi. Orang yang tak tahan, tubuhnya bisa
      menolak dan timbullah bercak kemerahan.
    - Terkadang juga bisa mengakibatkan munculnya benjolan hebat dan merata
      di permukaan kulit yang kena oles.
    - Bisa timbul infeksi dan suhu tubuh meningkat.
    - Mujurlah mereka yang punya daya tolak. Sebab kalau merkuri dioleskan ke kulit,
      dia akan tertimbun dalam tubuh dan suatu ketika bisa menyebabkan kelainan berat,
      sebab senyawa merkuri tidak ada antidotumnya." Maksudnya, racun merkuri ini  
      tak bisa ditawarkan.
      http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/1984/01/21/KSH/mbm.19840121.KSH40265.id.html

10. Dr. Eddy Karta, SpKK :
      - Kandungan merkuri inorganik dalam krim pemutih bisa menimbulkan keracunan bila
        digunakan untuk waktu lama.
      - Meskipun hanya dioleskan ke permukaan kulit, merkuri mudah diserap masuk ke dalam
        darah, masuk sistem saraf tubuh, sehingga menimbulkan keracunan kulit, serta gangguan
        sistem saraf, seperti tremor, insomnia, kepikunan, autis, gangguan penglihatan, gerakan
        tangan abnormal (ataxia), dan gangguan emosi.
      - Kandungan merkuri yang masuk dalam tubuh itu sangat sulit dibuang. Merkuri hanya bisa
        dibuang setelah selama 27 tahun mengendap di tubuh.
      - Kerja pertama pemutih kulit adalah menghancurkan epidermis atau lapisan kulit teratas dari
        wajah. Krim pemutih juga sering dipakai untuk menghilangkan flek-flek hitam akibat terlalu
        sering terpanggang matahari. Namun, jika krim ini bertabrakan dengan sinar matahari dapat
        menimbulkan iritasi atau malah membuat kulit semakin hitam.
        http://forum.detik.com/hati-hati-pakai-pemutih-wajah-t2068.html.

11.  Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) memperingatkan konsumen untuk tidak menggunakan produk yang mengandung merkuri (atau air raksa). Di Indonesia dan negara lain, produk yang mengandung merkuri dijual sebagai pemutih kulit dan krim anti penuaan.

Dr. Charles Lee, penasehat senior FDA mengatakan, "Paparan merkuri bisa memiliki dampak kesehatan yang serius. Efeknya bisa merusak ginjal dan sistem saraf dan menghambat perkembangan otak bayi dalam kandungan dan anak-anak yang masih kecil."

"Anda tetap dapat terkena dampaknya meski tidak langsung menggunakan produk bermerkuri," ujar toksikologi (ahli racun) dari FDA, Dr. Mike Bolger.

Merkuri bisa masuk ke dalam tubuh (terutama anak-anak) jika uapnya terhirup — jika salah seorang penghuni rumah menggunakan krim kulit yang mengandung merkuri.

Bayi dan anak kecil bisa menelan merkuri jika mereka menyentuh orangtua mereka yang menggunakan produk-produk mengandung merkuri, krimnya tertinggal di tangan mereka dan kemudian mereka menaruh tangan ke dalam mulut.

 Warning buat kamu ya, JANGAN MENGGUNAKAN RACIKAN BEBAS TANPA KONSULTASI LANGSUNG DENGAN DOKTER KULIT YANG MERACIK CREAM PERAWATAN KAMU. Jangan mau lagi dibodohi, jangan lagi hanya tergiur hasil cepat di online shop yang menyakinkan kamu kalo produk yang dia jual aman dan asli racikan dokter. Dan alangkah lebih baiknya jika menggunakan produk yang beredar bebas atau menggunakan produk dari brand/merk terkenal sekalian (merk dalam negri spt : WARDAH, SARIAYU, MUSTIKA RATU dll merk dalam negri sudah pasti mempunyai ijin edar badan POM yang merupakan lembaga yang berwenang baik ijin edar ataupun penarikan jika suatu produk bermasalah) (merk luar negri spt : SKII, Este Lauder, Lancome, Skin79, Etude House, Holika Holika, Privia, Innisfree, The Body Shop, Nu Skin, Sulwhasoo, Hada Labo, Baviphat dll merk luar negri sebagian sudah ada yg beredar di Indonesia dan sebagian ada yg belum, kenali ciri-ciri keaslian produk), ada harga ada kualitas, suatu brand/merk pasti melakukan riset terhadap semua produk keluarannya.









Bisa terjadi iritasi berlebih, yg awal pemakaian dalam jangka waktu singkat baik jerawat maupun flek hilang, tapi dalam penggunaan jangka panjang bisa dalam 3 bulan, dalam 8 bulan atau bahkan 5 tahun, tergantung daya tahan tubuh masing-masing orang, namun yang pasti cepat atau lambat dampak penggunaan kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri(kategori : Racun), steroid/kartikosteroid(kategori : obat) akan dirasakan oleh pengguna.













HAL-HAL DIATAS MERUPAKAN RESUME SEGALA ARTIKEL atau ARTIKEL DOKTER YANG DITERBITKAN MEDIA TERNAMA,....

Beberapa contoh cream2 yang beredar bebas tanpa label,isi rata2 mirip,tidak jelas siapa yang buat,kandungan apa juga tidak jelas...ANDA BERANI PAKAI ????

Ini yg katanya Cream Ayu Ting Ting...???


















Ini katanya yg jual merupakan cream wajah no 1 di Korea ??? Korea sebelah mana ??? (hehehe :D) produk Korea gak ada yg model begini :)









Ini jg katanya dari Jepang ??? Produk Jepang masak packaging-nya kayak begini, apalagi kl udah liat isinya...hadeeeh














Ini jg katanya dari Jepang ?? secara packaging memang sedikit meyakinkan tp kalo udah liat isinya emmmm bukan produk berkualitas :)











Ini yg katanya Walet Singapore ??? di Singapore sendiri orang sana gak kenal hehehe :)












 Ini yang katanya Cream Syahrini...????












Ini yg katanya Cream Baby Pink...what???














Ini juga katanya yg cream herbal...????













Ini juga kan udah ada yg produk a-DHA WS yg ber-POM












 Ini jg tidak jelas...????


















Ini katanya Cream racikan dr Ino Bandung,yakin???












Ini katanya cream walet ???














Skincare ini dibandrol dengan harga mahal...orang tergiur beli karena dalam tempo singkat hasil wooow dan packaging juga bagus..tapi ya setali tiga uang alias sami mawon Gak Jelas..?????














Salon terkenal juga gak menjamin produk yg dipakai aman *_*











nah msh berani pake produk ilegal











Siapa yg gak tergiur lihat fotonya, yg aneh dari cream ini adalah reaksi cepat dan claim sudah mempunyai sertifikat LPPOM MUI tapi tidak mempunyai no reg badan POM, bagaimana bisa????

















Hasilnya ?? cantik ya :)

















Ini juga hasilnya *_*



















Daaaan masih banyak lagi. Jangan hanya tergiur oleh hasilnya aja,karena cream2 beginian memang hasilnya cling, licin, mengkilat dalam waktu singkat tp dalam pemaikaian jangka panjang kulit akan berubah entah panen jerawat atau flek dan kulit jg bisa berubah keabu-abuan serta bisa ada benjolan2 di kulit, dan kalaupun anda menggunakan dokter kulit tanyakan apa saja kandungan cream yg diresepkan oleh dokter kulit anda karena ada jg dokter kulit yg nakal yg menggunakan steroid dan hidroquinon di dalam racikan creamnya, karena zat2 tersebut tidak dilarang dalam penggunaannya tp zat2 tersebut tidak dapat digunakan secara terus-menerus, tidak ada yg namanya resep rahasia, pasien berhak tau apa saja yg diresepkan (kalo kamu memang pasien yg pintar ya hehehe)...kesehatan Anda taruhannya.  ^_^



Kulit para bintang Korea, kulit mereka pasti dirawat dengan produk2 yang bagus dan baik...mereka memang sudah dianugerahi tone kulit yg terang...yg punya tone kulit sedang atau bahkan coklat dirawat aja dengan baik, kalo dirawat dengan baik pasti juga kelihatan eksotik.













Susan Bahtiar merupakan pemakai dan juga brand ambassador produk SK II, walau usia udah gak muda lagi tetap bening kan...begitulah kalo produk aman bekerja, mau dipakai selama hampir 7 tahun juga gak bakalan bikin rusak kulit.













Tone kulit sawo matang ciri khas orang Indonesia itu sebenarnya cantik dan eksotis, syukuri yg sudah diberikan Tuhan, dan rawat kulit dengan baik :)








163 komentar:

  1. saya juga sempet jadi korban tuh,
    awal make selama 1 bulan,muka mulus mulus banget,tapi kadang muncul jerawat satu.
    saya pake lagi, udah ilang, muncul lagi jerawat satu di tempat yang lain ,pake lagi,
    gitu terus sampe -/+ 1tahun,

    saat krim nya abis, waktu mau pesan lagi, datang nya lumayan lama, sekitar 1mingguan,daaaannn
    tiba2 ada beruntus gatel,disebelah mata,jidat,pipi (banyak banget!)
    dan besoknya,
    beruntus itu membesar berubah menjadi jerawat2 merah,
    shock banget hampir pingsan,
    muka dipenuhi jerawat yang merata....

    akhirnya diajak ibu saya pergi kedokter kulit di rumah sakit,
    dua tahun pengobatan walaupun lama,alhamdullilahsekarang,hanya tinggal bekasnya aja,...
    TT-TT

    BalasHapus
  2. Sdh 4 hri ini sy pakai serum korean, iming2 nya dlm 1minggu kulit akan putih, bla-bla-dan bla. Tp efek spert pusing, muka kemerahan, gatal, susah tidur, tdk prn sy rasakan.
    Apakah teman2 ad yg pk produk itu?
    Aman gk ya itu??

    BalasHapus
  3. aku dah pernah pake krim walet, tapi gak ada efek seperti kemerahan ato apalah... co2k2 aja buat kulitku, setelah brenti juga gak ada efek samping sama sx tp aku gak order lagi.. aku mau coba yg serum magic korea!!! yah semoga aja mmg gak ada efek sma sx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu pake krim walet pesen dari OS mana? bisa kasih tau?

      Hapus
    2. klo baby pink sucofindo gmn tuh
      infonya donk

      Hapus
  4. Apakah White magic cream korea itu gak ada efek sampingnya? Aku gak mau putih, cuma mau hilangin komedo dan keriput. Ada cara lain gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Add bbm saya yach sis. Kalo mau konsultasi masalah kulit. Gratis. 75847542. Tq

      Hapus
  5. terima kasih atas info...sangat menarik untuk dibaca :-)

    BalasHapus
  6. aku onlienshop an di BB , jual mcm2 kosmetik ga jelas , salah satunya serum korea, naahhh saking seringnya iklan dan broadcast2 literatur nya,lama2 tergiur deh nyobain. saya beli pada suplyer hanya 20rbu DOANK .
    awal2 di pake kinclong kalo pagi, sy pake sblm pake krim malam natasha yg notabene krim bagus,hasilnya lbhh joss kinclong hanya dalam waktu 3hari udh keliatan,di barengi kepala agak pusing2 seperti migrain gitu , sy sih ga aggap krn sy pikir migrain biasa,seminggu setelah pemakaian, masyaaaa Allah pruntus2 di jidat banyakkkkkkk.makin hari makin besar dan pasti potensi jerawat,langsung deh bawa ke dokter , facial dan microdermabasi.sampe di marah2in dokter nya karena sembarangan gituu,hati2 ya saiiii sekarang sy hanya jual2 produk2 yg aman2 aja dehhh ...

    BalasHapus
  7. Hai jika anda ingin mendapatkan informasi lain yang gak kalah penting, mengenai dampak berbahaya dari merkuri silahkan kunjungi blog kami di
    http://konsumen-protection.blogspot.com/. Terima kasih

    BalasHapus
  8. Makasihyah infonya. Kemaren sempat beli produk racikan katanya
    kakak ma sepupu aku pake sih dan hasilny emang putih jerawat ga ada. Tp aku ragu pakai pa kaga.
    Pas lg searching produk merkuri dan coba buka blog ini eh trnyata kemasan yang di tangan aku dan kemasan diatas sama. Jd ga jadi pakai. Rugi 300 ga pp lah dari pada rugi banyak

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ku juga dah 8 tahun pake produk sejenis macalana gt. Awal sich bagus. Skrg kulit kok malah makin rusak. Ku pake sk ii skrg Bagus bgt. Kulit ku terobati kembali. Walau gak putih tapi cerah n kencang. Add bbm ku yach. Kalo ada mau konsultasi sekitar masalah kulit. 75847542.tq

      Hapus
  10. Aku jg dulu pernah cobain pakai cream2 gk jelas gitu namanya Bab* Pi*k , seminggu langsung putih, tp pas ak berhenti langsung gelap kyk terbakar gitu. Akhirnya aku coba NU SKIN, disana aku diajarin cara uji klinis produk perawatan kecantikan yg kita pakai, ternyata benar, cream lama ku dulu mengandung merkuri dan tonernya beralkohol! Bahaya banget! Semenjak itu ak pakai Nu Skin sampai skrg, keluargaku juga. Memang sih gk memutihkan,tp membuat kita lebih mudaaa,cerah. Terimakasih Nu Skin :) .Sekarang aku jd Executive Distributornya Nu Skin, yg mau konsultasi atau share aku siap membantu, invite pin 75EB7A1D, atau sms ke 085264796559. Thankyou:)

    BalasHapus
  11. Emhh mengerikan.. mksh buat info nya ganz.. sangat bermanfaat .

    Temukan rumah idaman anda disini
    Sewa Apartement

    BalasHapus
  12. Mohon share ye.. informasi yang sangat berguna... Di malaysia juga ada banyak product yang bermercury... saya antara mangsa nya.. kulit muka menjadi rosak dan berjerawat terok... Tapi kini sudah pulih dengan pengambilan supplement vivix shaklee,, jerawat 100% sudah tiada.. syukur... berminat untuk mengembalikan wajah bermasalah... boleh hubingi saya ye..
    mas | 016-6810844.. sila ke blog saya untuk info... http://zafairmas.blogspot.com/

    salam manis.. :)

    BalasHapus
  13. Kalau cream2 berbahaya gitu mending jauhin deh. Sy juga pernah jd korban salah 1 cream yg malah keliatannya meyakinkan!! Akhirnya wajah sy mulai keluar jerawat setelah stop pakai cream itu. Kenalah sy recomendasiin cream ini. sy coba 1 produk ini. Hasilnya wow!! Dan ada sertifikat TDFnya. Import dr thailand. Coba aja produk alami dr lendir siput. Lendir siput rahasia yg dipakai untuk mempercantik wajah di salon2 mahal. Untuk jadi resseller dan dpt harga diatributor invite pin 7f83786e

    Semoga bermanfaat sista

    BalasHapus
  14. Saya Ratna Avriani konsultan jafra 15575 invite pin bb 749b85edKenapa harus perawatan dari JAFRA ?
    Ini jawaban kami =

    - Perawatan kulit dari JAFRA ini memiliki teknologi Intellishield yang menciptakan pelindung yang tidak kelihatan yang bertindak seperti kulit kedua untuk menahan pengaruh lingkungan dan membuat tetap lembab.

    - JAFRA smart complex dan ekstrak tumbuhan yang diolah dengan teknologi Ayurverda menjaga kondisi kulit dan merawat dengan seri perawatan kulit yang lengkap

    - Resmi terdaftar di BPOM

    - sudah teruji dan di pakai di seluruh dunia sejak 56 tahun yang lalu dan berasal dari California. kini JAFRA Cosmetics, face, body and fragrance sudah hadir secara resmi di Indonesia (JAFRA COSMETICS INDONESIA)

    - sudah di tes dan diteliti oleh dokter spesialis mengenai komposisi dan efek alergi.

    - mempercantik kulit dengan menyehatkan dan memperbaiki kerusakan kulit secara nyata dan perlahan. bukan dengan merusak seperti perawatan abal-abal.

    Beda jenis kulit, beda juga perawatannya. Tanyakan pada Konsultan Jafra untuk produk yang sesuai dengan jenis kulit anda.

    BalasHapus
  15. Artikelnya sangat menarik dan mudah untuk dipahami ...
    kalau untuk kaos kaki muslimah apakah memiliki efek samping ....

    BalasHapus
  16. pakai oriflame aja.
    diakui di seluruh dunia, tsk mengandung mercury, tdk mengandung babi n sejeniax.
    dijamin aman n tdk berefek smping.
    krena ini produk sehat dan halal.

    minat, hubungi WA 087816942187
    insya allah tampil cantik n sehat.

    BalasHapus
  17. nice share intip juga bb cream korea terbaik agar tak salah memilihnya :)

    BalasHapus
  18. nice share intip juga bb cream korea terbaik agar tak salah memilihnya :)

    BalasHapus
  19. tapi kan banyak juga kosmetik aman yang banyak dijual dipasaran :)

    BalasHapus
  20. Wah artikelnya keren..
    cuma lebih keren lagi klo di tambah gambar agar lebih menarik, ..Sambil baca artikel ini, mau tanya untuk tempat kaos kaki muslimah yang memiliki banyak pilihan model terbaru dimana ya....
    moga makin bagus lg artikelnya ...

    BalasHapus
  21. kalo untuk muntira skin care dari dr. renni a yuniati, sp.kk yang di kudus itu bagus apa tidak ? saya baca sedikit ttg ini produk. mohon info penjelasannya lebih lanjut ya,, trimakasih :)

    BalasHapus
  22. hayuuuk kenali kosmetik jepang terbagus di dunia :)

    BalasHapus
  23. Aku pengen nyoba serum magic dr korea nih say, kasih saran dong.. itu aman ga? Harganya murah 35.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sarsn aku sih Jangan say....mending pk yg udah jelas aja yg ada iklannya di tipi....ntuh orang korea blom tentu kenal ama ntuh krim magic yg katanya dr korea....jgn mpe nyezel nantinyaaa...

      Hapus
  24. hati hati juga lo mba, saya dlu pernah make yang begituan, karena tergiur wajah kinclong teman teman dan setelah berhenti masyaallaah tumbuh jerawat gede mbak....
    thaks infonya,,,,

    BalasHapus
  25. Great! Thanks for sharing the information. That is very helpful for increasing my knowledge in this field.
    pacman |happy wheels |my little pony games | unblocked games
    friv4 kizi 4| unblockedgames unblocked games for kids

    BalasHapus
  26. Ada yg pernah nyoba Vege herbal cream? Yuk baca review vege herbal cream palsu www.widyulandari.blogspot.com

    BalasHapus
  27. wah iya lebih baik pakai yang aman, kayak artis bisa jadi contoh soalnya produk gampang dicari :)

    BalasHapus
  28. wah bener tuh ada yg gak halal harus baca referensinya dulu :)

    BalasHapus
  29. hiii ngerii bangettt gak ori gitu harus baca referensinya dulu :)

    BalasHapus
  30. bener banyak banget yang berbahaya jadi takut

    BalasHapus
  31. Keren artikel..jadi gaa mau pesann..slnya saya baru mau belo..makasih

    BalasHapus
  32. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah wawasan.

    Gema Parfum
    Body Shop Parfum.

    ----------

    BalasHapus
  33. Thanks for sharing this quality information with us. I really enjoyed reading.
    Signature:
    friv4 , games girls , juego de frozen , kids games , friv2 , jogos de friv , juegos.com , juegos de matar zombbies
    , unblocked games , juegos de un show mas

    BalasHapus
  34. Terma kasih infonya, izin share ya

    BalasHapus
  35. Kalo ane mah miriiiss liat mertua adik ipar kk ipar tante bude semuuaanya pd pake krim2 gaje kek gittuuu...dr mulai natural 99, lingsi, wallet, bidara, baby ping, baby ngepeettt.... bahkan mereka jg nawarin ane buat ikutan make tp alhamdulillah ane kaga pernah tergoda dan ane tetep setia ama krim halal ane. Mo ngasih tau jg ga didengerin ane ksh tau ntu krim bahaya jg jwbnya yg pting bisa cpet putih kinclong n cantiiikkk....mlh mreka bilang klo krim ane yg halal ntuh jg ada mrkutinyaaa...oemji hellloooo......kurang piknik banget deh situ mbaaa....saya cm bs berdoa sja semoga mereka bs berhenti make krim2 yg gaje2 gitu.....

    BalasHapus
  36. Saya baru nyoba bps erl ney.. mohon saran dunk..

    BalasHapus
  37. Bener bgt,bahayaaa pwol.. Aq salah satu korbannya.. Dulu tergiur pake esther tuh.. Seminggu putih,habis gitu muka panas,terbakar,mulai tumbuh jerawat sampe gede"..ya ampun kapok.. Nyembuhinnya gak cukup 2th.. Merusak kulit bgt pokoknya.. Jgn coba" deh.. Mending pake krim" yg di tv,jelas pabriknya,jelas expired datenya,jelas komposisinya..

    BalasHapus
  38. Thanks for sharing this quality information with us. I really enjoyed reading. I think I need it.
    Games for girls|
    Kizi 1|
    Kizi 2

    BalasHapus
  39. Took me time to read all the comments, but I really enjoyed the article. It proved to be Very helpful to me and I am sure to all the commenter here ! It’s always nice when you can not only be informed, but also entertained ! I'm sure you had fun writing this professional writing services article.
    happy wheels
    super mario bros
    pacman
    agario

    BalasHapus
  40. Aku juga izin mau sharing pengalaman aku ya kak.
    Awalnya dateng ke toko disalah satu mall gitu, yang emang isinya semua barang-barang online shop. Aku seneng deh, soalnya emang suka baca review soal krim walet ini tapi takut kalo mau beli online.
    Jadi pas nemu toko offline nya, langsung deh aku beli "Walet Supergold 24k". Harganya menurut aku lumayan, 160rb.

    Lalu sampe rumah, aku buka tuh. Yang menurut ku agak serem sih toner nya, warnanya coklat tua terus pas dioles ke muka kayak alkohol. Soalnya dingin banget terus baunya rada gimanaaa gitu. Tapi emang abis dioles toner, langsung halus muka ku.
    Lanjut ke krim alergi (wajib dipake seminggu pertama katanya), lalu ke krim malem.

    Aku sebenernya suka wangi krim malemnya, terus lucu juga tekstur nya kayak ada 'liur walet' nya gitu. Tapi kok lengket banget di muka.

    Lalu krn penasaran, aku googling deh bahaya krim walet (yang baru aku lakukan setelah beli, sayangnya��). Aku kaget kok ternyata krim walet bahayanya banyak banget. Lebih banyak dibanding testi bagusnya.
    Lalu aku cuma nahan make sampe 4 hari (itu juga 2 hari nya cuma krim malemnya aja, krim siangnya nggak karena takut).


    Tapi yaampuuuuunn setelah berhenti make (padahal cuma 4 hari), aku perhatiin kulit wajahku dibagian bawah mata deket hidung dari satu sisi ke sisi lain kok menipis. Lalu keliatan jd kayak bersisik gitu, lalu krn menipis jadinya keliatan kayak mengilap dan kayak berkerut gitu. Lalu dibagian wajah lain kulitku mengering. Aku sedih dan kesel banget, untung baru 4 hari make, jadi masih terhindar dr penyakit dalem.

    Akhirnya aku pake minyak zaitun rutin tiap abis mandi, sama make masker alami aja. Alhamdulillah 2 hari kemudian mukaku udah mulai membaik dibagian yang menipis dan keliatan sehat.

    Gak lagi lagi deh:(

    BalasHapus
  41. Thanks for sharing the information. It is very useful for my future. keep sharing
    Kizi 123|
    Friv 234|
    Friv

    BalasHapus
  42. When you see the stress in work, life, friv could well be a good site to try.
    Thanks you for sharing
    Friv Games, Friv Online, Friv.com, Friv

    BalasHapus
  43. greath post, Thank you for presenting a wide variety of information that is very interesting to see in this artikle
    Friv 1
    Juegos Friv 3

    BalasHapus
  44. Thanks for your great article friend, i get new information, new ideas to do somethings, i hope you will share again, i keep waiting for next post, thanks.
    Friv 4
    Kizi 3

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Temen aku kan make krim hn, tadinya dari item banget sekarang jadi putih merona gtt,tapi warna muka sama tangannya knp beda yah?dia pake dari kelas 7 smp sampe kls 9 skrg aku liat sih gapernah nambah item, tapi kalo kena panas dia jd alergi bgt wajahnya lgsg merah bgt deh beberapa temen aku jg pake jadi makin putih gtt dan belum ada yg keliatan item, jadi apakah krim hn juga aman? tolong dibales yaa trimakasih

    BalasHapus
  47. Tolong dijawab dong, kalau krim hn itu gmn yah?bahaya juga ga?makasihh soalnya temen aku make dari kelas 7 smp gitu sekarang udah kelas 9 mukanya jadi putih gtt yang tadinya item banget trus skrg jadi putih merah merona gitu,tapi warna muka sama tangannya beda sih, dia juga belum pernah nambah item lagi semenjak darisitu, trus krim hn itu bahaya juga gaksiih?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. HN bahaya mba, coba searching aja.

      Hapus
  48. Thanks for sharing your info. I really appreciate your efforts and I will be waiting for your further write.
    Friv 10

    BalasHapus

  49. Thank you for sharing this useful information. Mercury is the main component elements in dental amalgams. Debate surrounding the health effects from the use of mercury amalgams start since it was put into use in the West, about 200 years ago.!
    G9G , Dora , Kizi new , Huz 2 , Kizi hot , Friv 4 School , 85 Play , 4223 Games , 85 Games

    BalasHapus
  50. Its really good information, i like your blog post. Thanks for sharing
    Signature:
    i like play games happy wheels online and play happy wheels 2 games and zombie tsunami , retrica , retrica camera, happy wheels game , agario

    BalasHapus
  51. Hello..yg mau perawatan kulit yg aman dan terpercaya.yuk pakai JAFRA saja..
    Mau tau apa itu JAFRA?
    Kontak saya
    Valen wa0812 1095 3616
    Pin52180de5

    BalasHapus
  52. Play free Friv games flash online games flash.
    Thanks you for sharing
    Friv Games | Friv Online

    BalasHapus
  53. It's perfect for those students, who want to study about this faculty. I like the news that you have written in a detail. Thank you for the information you provide. I had a look to start my own. Thanks so much. I like play Papas Games | papa games | papas game | Papas Games | papa games | Ninja Games Free | Ninja Games | Dream League Soccer | Dream League Soccer | ninja game | Ninja Games unblocked | ninja game | Ninja Games | Ninja Games unblocked | Ninja Games Free |. Papa games as in: Papa's Pasteria; Papa's Cupcakeria, Papa's Hot Doggeria, Papa's Freezeria, Papa's Wingeria and so on. How about you?
    free online games | free games | Free Games Online | games free online | free games | Free Games Online |

    BalasHapus
  54. I would very much like to agree with the previous commenter! I find this blog really useful for my uni project. I hope to add more useful posts later.
    Kizi 2
    Friv 2

    BalasHapus
  55. You need to kill time, you need entertainment. Refer to our website. hope you get the most comfort.
    Thanks you for sharing!
    Friv
    Friv Games
    Yepi 4
    Kizi 4

    BalasHapus
  56. you'd have time to look these kids active. Please visit our website and let us play the game interesting.
    Thanks for sharing !
    Friv 10
    Kizi 10
    Yepi 2

    BalasHapus
  57. You are stressed and tired, you need entertainment. Refer to our website. hope you get the most comfortable.
    Kizi 4
    chua

    BalasHapus
  58. you'd have time to look these kids active. Please visit our website and let us play the game interesting.
    Thanks for sharing !
    Friv 10
    Kizi 10
    Yepi 2

    BalasHapus
  59. I was reading some articles for reference, I feel your article is good. I will take a few main sections to be included in my article. Hopefully you'll agree. Thank you. descargar facebook , whatsapp gratis , whatsapp messenger , mobogenie , mobogenie , baixar facebook , baixar facebook

    BalasHapus
  60. after hours of work tired, you need entertainment. Refer to our website. hope you get the most comfortable
    Kizi 1000

    BalasHapus
  61. you'd have time to look these kids active. Please visit our website and let us play the game interesting.
    Thanks for sharing !
    Friv 10
    Kizi 10
    Yepi 2

    BalasHapus
  62. Hello dear Sir / Madam

    Saya DR. Seaman Edwin dan saya membahas tentang membeli / menjual ginjal, kami mengkhususkan diri dalam menjual dan membeli berbagai bagian tubuh seperti, hati, ginjal, hati dan bagian halus lain dari tubuh. Kami memiliki sebuah rumah sakit dilengkapi dengan baik, dan sesama dokter saya yang terlatih. Tidak akan ada perlu bagi Anda untuk takut tentang karena operasi adalah kehidupan dibebaskan operasi. Jadi siapa pun yang tertarik harus cepat menghubungi pejabat kami di drseamantrade6@yahoo.com

    Pastikan Anda jangan ragu untuk menghubungi kami karena kami pasti akan memastikan bahwa kami bekerja dengan Anda dan kami juga akan memastikan Anda menikmati melakukan bisnis dengan kita.

    Terima kasih
    Dr. Seaman

    BalasHapus
  63. thank you for your interest in welcome visit
    Friv 4

    BalasHapus

  64. You need to kill time, you'd have time to look these kids active. Refer to our website. Hope you get the most comfort.
    Thanks for sharing !
    Friv 5
    Kizi 1
    Yepi 3

    BalasHapus
  65. New attractive game . I will play it every day
    Friv|
    Friv 2

    BalasHapus
  66. Jafra skincare..kosmetik herbal, aman, BPOM, legal.. non mercury.. non hidroquinon..
    Mengurangi jerawat.. flek hitam.. keriput.. bopeng dll
    Minat hub. 082119210716

    BalasHapus
  67. White magic cream koreanya yg mana ya?? Baru denger saya, boleh tau merknya apa. ?

    BalasHapus
  68. When you're tired, you want to relax after a stressful working hours, you need to have time to take care of the kids active.
    Please visit our website and play exciting flash games.Thanks you for sharing!
    Friv 4

    BalasHapus
  69. Play the Best Free Games! We've picked out the racing games, cooking games, candy crush, games shooting, fashion games, ...
    Thanks for sharing !
    Kizi 200
    Friv 1
    Y88
    Y9

    BalasHapus
  70. ngeri, karena aku yang dulunya perawatan di skin care yg cukup terkenal di jogja aja ngasih efek ketergantungan, mulusnya cepet, sekalinya gak pake bruntusan lagi, wajah jd kusut bgt.. beruntung dikenalkan sama Nu Skin.. selain produknya selalu berinovasi, produk nuskin aman telah teruji klinis, mahal memang, tapi untuk kesehatan kenapa tidak?? sampai sekarang aku gak bergantung sm krim harian tuh,, semua pake Nu Skin, dr sabun mandi, pasta gigi, roll on, shampoo, krim wajah, sampe supplement kesehatannya.. puji Tuhan, sekarang sudah menjadi executive distributor resmi Nu Skin Indonesia... buat yang mau beralih ke perawatan yg aman, boleh tanya2 dulu, bisa WA 085643606838/ig gallery nuskin jogja/Line id gallerynuskinjogja... be smart ladies 😉

    BalasHapus
  71. duhhh ngeri bgt ya, aq ga pernah coba krim2 ga jelas kyk gt, untungnya...
    dan lgsg dipertemukan sama nanospray mci, yg uda jelas hanya menggunakan air yg bisa kita minum.

    BalasHapus
  72. Saya baru 5 hari pakai baby pink, tapi saya gak nyaman, karena wajah saya jadi lering dan berkeriput, jadi stelah 5 hari pemakaian saya hentikan, hari ini 6 baru 1 hari stelah 5 hari memakai baby pink, wajah saya tetep kering dan kasar. Yg mau saya tanyakan, bagaimana agar wajah kembali lg seperti semula dok? Minta konsultasinya dong.

    BalasHapus
  73. Good job. All of them are Useful! ..
    Friv
    Friv

    BalasHapus
  74. You want to relax after a stressful working hours. Refer to our website. hope you get the most comfort.
    Thanks for sharing !
    Friv 100
    Friv 8
    Friv 2

    BalasHapus
  75. You want to relax after a stressful working hours. Refer to our website. Hope you get the most comfort.
    Thanks for sharing !
    GirlsGoGames
    Kizi 100
    Frvi

    BalasHapus
  76. Kasi reveiw donk soal kandungan produk zahira..help..galau soalx

    BalasHapus
  77. invites you to play games for a chance to win cars Corolla Altis car

    Kizi 100
    Games2Win
    Kizi 5
    Friv Games

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. mohon kasih info nya, saya baru mau mencoba pakai cream lamour ..
    apakah produk itu mngandung mercury gak ya ??mohon infonya

    BalasHapus
  80. Please visit our website and play exciting games,thank you verry much
    Friv 2|
    Friv 1000|
    HappyWheels

    BalasHapus
  81. You’ve written nice post, I am gonna bookmark this page, thanks for info. I actually appreciate your own position and I will be sure to come back here.
    baixar facebook gratis
    baixar whatsapp gratis
    temple run 2
    traffic rider

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Mbah Rawa Gumpala dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Mbah Rawa Gumpala bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 085-316-106-111 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Mbah dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Mbah untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah disini 🐭Pesugihan Putih Tanpa Tumbal🐭

      Hapus
  82. You need to have time to take care of the kids active. Please visit our website and play exciting flash games.
    Thanks you for sharing!
    Games2Girls
    Kizi 1000
    Frin
    Friv 3

    BalasHapus
  83. Aku mau tanya dong sist. kalau yang mengandung mercury itu kayak gimana? klau cream hn aman gk say??

    BalasHapus
  84. Terima Kasih banyak atas sarannya, saya akan tunggu lagi informasi menarik lainnya
    salam
    Nu Amoorea Stem cell
    Nu Amoorea Beauty Plus Bar

    BalasHapus
  85. The blog or and best that is extremely useful to keep I can share the ideas. Age Of War 2
    Big Farm | Slitherio | Tank Trouble
    Of the future as this is really what I was looking for, I am very comfortable and pleased to come here. Thank you very much.
    Happy Wheels | Goodgeme Empire | Slither.io

    BalasHapus
  86. Susah banget menyadarkan masyarakat Indonesia mengenai merqury dan ciri2 merqury

    BalasHapus
  87. Mau sharing sdikit , saya udah lama pakai skincare wajah tp skincare nya anjuran dr dokter, karena dlu wjah sya kusam dan gelap.Awal pmakaian kulit wjah mngelupas,ktanya itu wjar karena itu sel kulit mati. Lama-lama kulit mulai cerah, jrawat jg jarang muncul. Sbnernya aku gak suka pakek karena ribet bgt, tp karena tuntutan yaudah lah. Tp lama-lama ada flek mncul d kulit :( . Smenjak itu aku stop pakai dan aku beralih ke Viva aja. Dan stelah aku stop pakai , wjah ku kliatan kusam , gak secerah wktu masih pakai skincare tp biar lah drpada wjah aku knapa2.

    Dengan ada nya artikel ini, smoga bsa mnyadarkan perempuan lain nya untuk hati2 dalam memilih skincare.

    BalasHapus
  88. Mau sharing sdikit , saya udah lama pakai skincare wajah tp skincare nya anjuran dr dokter, karena dlu wjah sya kusam dan gelap.Awal pmakaian kulit wjah mngelupas,ktanya itu wjar karena itu sel kulit mati. Lama-lama kulit mulai cerah, jrawat jg jarang muncul. Sbnernya aku gak suka pakek karena ribet bgt, tp karena tuntutan yaudah lah. Tp lama-lama ada flek mncul d kulit :( . Smenjak itu aku stop pakai dan aku beralih ke Viva aja. Dan stelah aku stop pakai , wjah ku kliatan kusam , gak secerah wktu masih pakai skincare tp biar lah drpada wjah aku knapa2.

    Dengan ada nya artikel ini, smoga bsa mnyadarkan perempuan lain nya untuk hati2 dalam memilih skincare.

    BalasHapus
  89. Many thanks for sharing the information in your blog.
    Y8Y8Y8

    BalasHapus
  90. Thanks for sharing such a nice article. It is really useful to me and all people. One think in my mind came while reading that it is not wasting of time. twizl juegos the aim of the game is to get the block to fall into the square hole at the end of each stage. There are 33 stages to complete. - zoxy game is a great place to play the best free online zoxy games, juegos zoxy, jogos zoxy, jeux de zoxy from the top game developers all over the world. -y10 play Play the best free online Y10 Games without need of installation. All Y10 Games are available directly in the browser. New games every day. Just click and play.

    BalasHapus
  91. Thanks for sharing this good stuff! Keep up the great work, we look forward to reading more from you in the future!
    Friv 100

    BalasHapus
  92. You want to relax after a stressful working hours. Refer to our website. Hope you get the most comfort.
    Thanks for sharing !
    GirlsGoGames
    Kizi 100
    Frvi
    gold Miner 2
    unfair Mario 2
    cubefield 2
    tanki Online 2

    Friv Games
    Y2
    Friv 200

    BalasHapus
  93. This is one very welcoming blog, i love the fact that you did take time to post such a nice post. You should do that more often and for sure we await for more
    Hotmail Login , Hotmail Signin , Hotmail Log in

    BalasHapus
  94. Busy life circumstances than the current world history. Must try to earn money to support themselves, their families and pay for living. But not so that you neglect your own health, but more must cherish it.
    geometry dash , geometry dash game, geometry dash 2.0

    BalasHapus
  95. I used to play games after long day of work tired or bored. And I would recommend to everyone a very interesting game and attractive for both color and sound
    run 2 , run 2 game, run 2 unblocked

    BalasHapus
  96. How often do you play games on free time or after hours of work stress? I usually come to the game as a way to balance life is full of pressure. And I would recommend to everyone that I loved the game
    strike force heroes 2, strike force heroes 2 game,strike force heroes 2, strike force heroes 2 game, strike force heroes 2

    BalasHapus
  97. In your article, points caught my attention the most is how your prose, to give me a deep impression. Wish you would write more. good luck!
    return man 2 game , return man 2 , return man

    BalasHapus
  98. I think what you say on here is the best thing. Looking forward for our lives become increasingly more beautiful
    subway surfers game , subway surfer , subway surfers

    BalasHapus
  99. kamu boleh melihat pengalaman saya rawat muka saya disini http://awomanventures.blogspot.my/2017/01/merawat-kulit-akibat-salah-guna-produk.html

    BalasHapus
  100. Everyone loves what you guys are up too. This sort of clever work and exposure! Keep up the terrific works guys I've you guys to my own blogroll
    kingo root android , kingo root , kingo root apk

    BalasHapus
  101. Your blog posts are more interesting and impressive. I think there are many people like and visit it regularly, including me.I actually appreciate your own position and I will be sure to come back here.
    facebook entrar l entrar facebook l entrar no facebook l entrar facebook direto l entrar facebook agora

    BalasHapus
  102. I found a lot of information here to create this actually best for all newbie here. Thank you for this information.
    run 2 game | super mechs | wingsio | run 2 | wingsio play | supermechs

    BalasHapus
  103. great article, I was very impressed about it, wish you would have stayed next share
    Facebook Lite

    BalasHapus
  104. Mostly people have all the same things when they are writing academic task or any other writing, especially light music most people like during the writing.

    subway surf , baixar subway surf, subway surf download , download subway surf

    BalasHapus
  105. You need to have time to take care of the active. It in fact was a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from you.

    entrar hotmail agora , hotmail entrar, entrar hotmail , entrar no hotmail

    BalasHapus
  106. Mostly people have all the same things when they are writing academic task or any other writing, especially light music most people like during the writing.
    facebook iniciar sesión , facebook, iniciar sesion , iniciar sesion facebook

    BalasHapus
  107. Life becomes more interesting and wonderful when you share your memorable moments with friends and family through unique photographs. You can create your own unique style impressed with image editing software. And after hours of work stress you can also
    Download Musicas, Baixar Musicas Gratis ,Baixar Musicas Gratis, Baixar Musicas

    BalasHapus
  108. Mostly people have all the same things when they are writing academic task or any other writing, especially light music most people like during the writing.
    dream league soccer download , dream league soccer apk , download dream league soccer , dream league soccer

    BalasHapus
  109. Life becomes more interesting and wonderful when you share your memorable moments with friends and family through unique photographs. You can create your own unique style impressed with image editing software. And after hours of work stress you can also

    whatsapp messenger
    baixar whatsapp
    whatsapp plus
    download whatsapp
    whatsapp baixar

    BalasHapus
  110. You need to have time to take care of the active. It in fact was a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from you.

    baixar banana kong , banana kong , download banana kong , banana kong download , banana kong

    BalasHapus
  111. Thanks for the sharing of such information we will pass it on to our readers.
    Friv
    Friv Games
    Friv.com

    BalasHapus
  112. We are really grateful for your blog post. You will find a lot of approaches after visiting your post. Great work.
    Kizi Online
    Kizii
    FrivSchool
    FrivFriv
    Vriv

    BalasHapus
  113. Our website has many interesting games. Please share this with your friends and have fun.
    Friv 2/
    Kizi 1000

    BalasHapus
  114. POKERPAIR88.ME : Situs Judi Poker Online Terbaik & Terpercaya di Indonesia yang menawarkan 6 permainan di dalam 1 ID game : Poker Online, Live Poker, Domino Qiu-Qiu, Bandar Ceme, Ceme Keliling, Capsa Susun. Minimal Deposit dan Withdraw hanya 10 ribu. Proses Depo dan WD super cepat. Cara Daftar : Kunjungi Situs Pokerpair88.me => Pilih Menu Daftar => Isi Data-Data yang diperlukan. Untuk Informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS melalui Live Chat atau via BBM : 7B1D03C3 , Line : pairbet

    BOCA88.COM : Situs Judi Bola dan Casino Online Terpercaya di Indonesia yang menyediakan permainan seperti : Judi Bola (Sportsbook), Casino Online (Baccarat, Roulette, Sicbo & Rolling Ball), Keno, Sabung Ayam (Cock Fight) dan 3D Game. Minimal Deposit dan Withdraw 10 ribu. Proses Depo dan WD super cepat. Cara Daftar : Kunjungi Situs www.boca88.com => Pilih Menu Daftar => Isi Data-Data yang diperlukan. Untuk Informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS melalui Live Chat atau BBM : D3CC11C5 , Line : Gaple28 , WA : 081267595721

    BANDAR33.COM : Situs Judi togel online Terpercaya di Indonesia dengan 6 Pasaran Resmi : Togel Singapura , Hongkong , Thailand , Sidney , Szechuan , dan Jayapura . Dengan Minimal Deposit Rp 20.000,- dan Minimal Pasang Rp 1.000,- , Dapatkan potongan penuh 2d : 28% , 3d : 59% , 4d : 66% dan kemenangan maximal 2d : 70x , 3d : 400x , 4d : 3000x . Cara Daftar : Kunjungi Situs bandar33.com => Pilih Menu Daftar => Isi Data-Data yang diperlukan. Untuk Informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS melalui Live Chat atau BBM : 7B00546B

    Support 5 Bank Ternama : BCA , Mandiri , BRI , BNI , Danamon

    Ditunggu pendaftarannya ya kk... ;)

    BalasHapus

  115. Senhor Deputado Cashman, agradeço-lhe a informação. Friv Jogos Friv 360 Friv4school A todos que partilham e trabalham sob estas mesmas convicções e princípios Jeux De Friv Roblox Zoxy Mais uma vez, obrigada ao Parlamento por comungar da visão que informa a nova política dos consumidores Friv Friv 4 Jogos De Five Nights at Freddy's Friv 3 assente no mercado - a visão de um mercado de consumidores informados e capacitados que procuram e usufruem, com confiança,

    BalasHapus
  116. Per anni vi siete affidati ad Ethernet per la condivisione di informazioni Fofy 2, Fofy Games, Free Fofy 2 Games Online Friv 2021, Friv4school 2021, Friv Games Juegos Fofy - Juegos Gratis en Fofy Di nuovo, ringrazio il Parlamento perché condivide la prospettiva di una Juegos Friv 2020, Juegos Gratis, FRIV 2020 Juegos Twizl Friv, Juegos Twizl, Juegos Friv Jogos Fofy - Jogos Online Grátis no Fofy nuova politica per i consumatori basata sul mercato Twizl - Jogue Jogos Twizl Grátis Twizl Friv - Free Online Twizl Games Twizy Games - Free Online Games ous Grazie per condividere con noi YooB, Juegos Gratis, Juegos YooB i tuoi piani e mostrare paso dopo passo il progetto..

    BalasHapus
  117. Herr Cashman, ich danke Ihnen für diese Information. YooB 4 YooB 10 Kizi 2017 Wir danken aber auch Ihnen Juegos Friv Juegos Friv 2 Juegos De Friv 2.0 liebe Leserinnen und Leser, fur Ihr Interesse und Ihre Mitwirkung Juegos Friv 2.0 Juegos Friv 20 Juegos Friv 4 Juegos Friv 3 die Informationsgesellschaft in der Schweiz voranzubringen.

    BalasHapus
  118. Danke, dafur dass Ihr jeden Tag mit uns die Hl. Messe gefeiert habt, fur all die Reparaturen im ganzen Haus Jeux De Friv 10 Jogos Friv 2018 Jogos Friv 2019 fur Euere Bereitschaft Juegos YooB YooB YooB Friv immer zur Verfugung zu stehen YooB Juegos De Twizl Friv 2018 YooB Danke, dass Sie Ihr Muhen um den Aufbau des Leibes Christi mit uns teilten.

    BalasHapus
  119. Ihnen allen vielen Dank dafur, dass Sie diesen glucklichen Tag mit uns teilen. Fofy Friv games Juegos Gogy wir danken euch fur das bisherige Teilnehmen lassen, mochten aber den Rundbrief nicht mehr erhalten Friv Games Friv 2019 Ich mochte Kommissar Fischler fur seine Freimütigkeit und Offenheit danken, Zoxy Games Gogy Online Friv Games Juegos De Twizy Zox1 n der er uns jeden unternommenen Schritt erläutert und die verschiedenen vom Wissenschaftlichen Lenkungsausschu

    BalasHapus
  120. We are really grateful for your blog post. You will find a lot of approaches after visiting your post. Great work.

    Friv2
    Friv7
    Friv8
    Friv9
    Friv20
    Friv100
    Friv100
    Friv10000

    BalasHapus
  121. Wir danken Ihnen
    Friv4school Gry Friv Juegos Friv dass Sie diese Hoffnung mit uns teilen und diesen Schritt auf dem Pilgerweg des Vertrauens Friv Juegos Friv Gry Friv mit uns gegangen sind. Juegos Friv Juegos De Friv Ihnen hiermit die gewünschten Informationen vermitteln zu können. Yepi Juegos Friv wir danken Ihnen für das Interesse an unseren Produkten und hoffe

    BalasHapus
  122. Thank you very much for the information you shared, it's all I've been looking for. Today is a beautiful day, do you want to participate in games? It will help your become more comfortable, i feel very great, please visit my website, to feel.
    Friv 4

    BalasHapus
  123. Thank you for giving posts and articles were very amazing. I really liked as a part of the article. With a nice and interesting topics. Thanks for posting.
    I like play games Y8

    BalasHapus
  124. I don't know what to say, I liked your article and I hope you will have many entries or more, thanks for taking the time to show us.
    Friv Unblocked
    Y8 Unblocked
    Kizi Unblocked

    BalasHapus
  125. Thank you so much for taking the time to share your experiences and talents. I hope your story will inspire others...
    Unblocked Games
    A10 Unblocked
    PUnblocked Games

    BalasHapus
  126. Thank you for your interest ! Check out my site! you can play
    Kizi 100/
    Friv 2017/
    Kizi 2017

    BalasHapus
  127. Sr. Cashman, le doy las gracias por esta información. Friv Games Gry Friv Gry Friv n todo momento puede Jeux Friv Juegos Friv Friv Games optar por compartir su información personal con terceros. Juegos Friv 2019 Juegos Friv Gry Friv Juegos Friv Gracias por compartir su pasión por el mejoramiento de las vidas de los niños en el Estado de Nueva York

    BalasHapus
  128. Kalo produk vege herbal cream,vege serum dan eye lip serum,Black soap gimana tuh,bhaya gak?

    BalasHapus
  129. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada MBAH DEWA, saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun diMalaysia,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim ortu di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya mbah ini, juga sudah lama mendengar nama besar MBAH,tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu.tetapi kemarin waktu pengeluaran 8924 , saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan,angka yg diberi Mbah 8924 ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar diMalaysia, tidak ada ongkos pulang,terus beliau bantu kasih angka 4478 setelah saya bantu mahar yg dibutuhkan.mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan Kemarin, ternyata tembuss….!!!
    dapat BLT 250jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH DEWA, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat mbah,saya tidak akan lupa bantuan& budi baik MBAH.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    YANG MAU SEPERTI SAYA HUB:MBAH DEWA DI:082 316 555 388
    ATAU KUNJUNGI SITUS DIBAWAH INI

    KLIK=>> BOCORAN TOGEL HARI INI

    Yang punya room salam jackpot...























    Kesaksian IBU Sri Rahayu Dari sukabumi

    Ingin Berbagi Cerita. dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi
    tapi semenjak saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis
    saya sempat putusasah hampir bunuh diri.tapi untungnya saya buka internet dan menemukan nomor MBAH GEDE
    saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasih solusi
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari MBAH GEDE
    alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI
    terimah kasih MBAH GEDE,mau seperti saya Hub no.MBAH GEDE di:082 337 115 789
    atau lebih jelasnya klik situs dibawah

    klik=> PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL








































    wassalam

    BalasHapus
  130. gracias por la detallada información. Friv 2019 Gry Friv 2018 Juegos Friv 3 Gracias por compartir sus ideas con nosotros. Gry Friv 3 Jeux De Friv Gracias por vuestras reacciones a las transmisiones que os han hecho. Friv 2019 Juegos Friv 2019 Acogemos con agrado los comentarios de los lectores

    BalasHapus
  131. You need entertainment. Refer to our website. hope you get the most comfortable
    Friv 5
    Kizi 2
    Kizi 10
    Kizi 100
    Friv 100

    BalasHapus
  132. I often get emotionally involved. Like when I read your post, I can cry, laugh, sad, funny, depending on your written words. I think you are a sensitive person.
    www.facebookbaixargratis.com.br

    BalasHapus
  133. Welcome, your blog is great. It's very interesting and meaningful
    Kizi
    Kizi 1
    Gahe

    BalasHapus
  134. I know there will be many difficulties and challenges but I am determined to do it. If it does not succeed then it will be a lesson for me as well
    catmario4.com

    BalasHapus
  135. Hanya dengan mendaftarkan diri anda sebagai member baru, anda memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan bonus-bonus yang hanya di SEPUTARBET saja yang ada..
    Dan hanya dengan 1 akun saja anda bisa memainkan semua permainan seperti Sportbooks,Poker,Casino,Live Game, dan Slots!
    Dimana lagi kalau bukan di SEPUTARBET satu akun untuk semua permainan dapat banyak keuntungan bonus lagi..
    SeputarBet memberikan bonus berupa :
    1. Bonus New Member 50% Untuk Permainan Sportbooks (bonus up to 5.000.000)
    2. Bonus New Member 30% Untuk Permainan Poker dan Casino (bonus up to 1.000.000)
    3.Deposit Harian 5% Untuk Permainan Sportbook dan Casino (Bonus 5% diambil dari total Deposit)
    4. Bonus Referal/Member get Member 4%
    5. Bonus Bet Parlay 100%
    6. Cashback Mingguan 10%
    Ayo segera daftarkan diri anda selama promosi ini masih berlaku ^^ http://seputarbet.com/

    BalasHapus

  136. Friv 2017 is new flash games which are expected to be the best Friv 4 games to play. You can find all game Friv 4 school free in Friv 2017 and Friv 4 School .
    friv Games
    Friv 2017
    friv
    tủ nấu cơm
    máy làm Ðá
    friv 2018
    friv 4

    BalasHapus